<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d35515654\x26blogName\x3dSeruput\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://seruput.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://seruput.blogspot.com/\x26vt\x3d-8552764801363357580', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


Sabtu

Di hari sabtu kemarin, ada kegiatan manasik untuk calon jamaah umroh keberangkatan 7 maret 2020. Masalahnya, jadwal tersebut sangat besar kemungkinan tertunda. Sebabnya adalah pemerintah Arab Saudi masih melarang warga negara lain memasuki wilayahnya. Kementerian luar negeri Arab Saudi juga belum membuka pelayanan visa.

Dan pastinya, gara-gara corona, semua negara pasti akan memberlakukan screening atau pemeriksaan yang ketat. Apalagi tadi pagi presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa ada 2 WNI positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia.

Tiket sudah issued. Penginapan sudah siap. Tinggal visa yang belum. 

Acara manasik menjadi begitu lama karena banhak pertanyaan. 

Bagaimana jadwalnya? 
Kapan Bandara dibuka?
Kapan sistem visa on ?
Dll.

Menjawab pertanyaan ini tentu harus berhati-hati. Karena salah sedikit saja pasti akan membuat calon jamaah galau. Maka aku menjawab dengan logika, "kita sudah menyiapkan semuanya, hanya visa yang belum. Tiket naik pesawat sudah ada, tapi tiket masuk negara Saudi belum ada," aku mulai memberi penjelasan.

"Kalau kita mau keluar negeri, harus punya tiket pesawat dan tiket masuk negara tersebut. Kalau tidak, pasti kita tidak boleh melanjutkan perjalanan. Ataupun kalau kita bisa tetap terbang, nanti sampai di negara tujuan kita pasti akan ditolak. Dideportasi. Alias disuruh pulang lagi."

Jamaah manggut-manggut. Ada jamaah yang tidak bisa menyembunyikan senyumnya ketika mendengar usahaku menjelaskan. Mungkin dia sudah sangat memahami kondisinya. Atau bisa jadi karena melihat mukaku yang begitu serius menjelaskan. Ah, apalah. Yang penting pesannya tersampaikan. Ya kan? Hehehe...

Saat ini, yang perlu kita lakukan adalah harus tetap waspada. Semoga kita selalu dalam lindunganNya.

Waspadalah ! 
Waspadalah ! 
Waspadalah!

« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »