<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d35515654\x26blogName\x3dSeruput\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://seruput.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://seruput.blogspot.com/\x26vt\x3d-8552764801363357580', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


Ramadhan Karim

Awal Ramadhan

Beberapa negara telah menentukan awal Ramadhan. Tadi mufti mesir, DR. Ali jum'ah mengumumkan bahwa penetapan awal ramdhan 1429 H adalah hari senin tanggal 1 september 2008. Hal ini didasarkan pada hasil pemantauan hilal pada beberapa titik lokasi oleh tim ahli. Bulan sabit pada hari sabtu, tanggal 30 Agustus 2008 belum terlihat setelah mata hari terbenam. Sehingga penetapan hari terakhir bulan sya'ban adalah pada hari minggu, tanggal 31 Agustus 2008. Dan senada dengan Mesir, pihak Arab Saudi, Palestina, Kuwait, Qatar, bahrain, dan juga Uni Emirat juga akan memulai berpuasa pada hari senin, 1 September 2008. Namun tetangga dekat Mesir, Libya akan memulai puasa pada hari minggu, 31 Agustus 2008. Beda lagi dengan Iran yang akan memulai puasa pada hari selasa, 2 September 2008. Irak, kaum syiahnya akan memulai puasa tanggal 2 September, sedang kaum sunninya akan memulai 1 September, mengikuti Arab Saudi.

Di Indonesia, Pemerintah belum menentukan. Namun muhammadiyah sudah menentukan awal puasa adalah hari senin, 1 september 2008.

Inilah keindahan islam. Dimana perbedaan akan menjadi rahmat, bukan malah menjadi pemecahan. Walaupun berbeda penentuan tanggal satu ramadhan, walau berbeda penentuan satu syawal, tapi tetap memegang teguh ruhul islam, yaitu al-Qur-an dan Hadits. Perbedaan itulah yang memjadi warna.


Ramadhan di Mesir

Ramadhan di Mesir sangatlah wah. Semua penduduk Mesir, dari desa sampai ke kota, semuanya sangat menghormati datangnya bulan ramadhan. Mereka berlomba-lomba menyambut bulan ramadhan dengan antusias. Suasana religius akan nampak lebih kentara ketimbang di bulan lainnya.

"Ramadhan Karim," kalimat itu akan sering kita dengarkan bila menjumpai seseorang yang sedang terlibat pertengkaran mulut, atau terjadi kesalahfahaman. Dengan kalimat tersebut, orang yang berselisih akan segera mengucapkan istighfar, dan redalah perselisihan. Hebat bukan?

Sementara itu, di toko-toko, di rumah-rumah, dan di jalan-jalan akan dibersihkan, dipasangi lampu-lampu hias yang semacam lampion kalau di Cina, dan dihiasi beberapa poster-poster tentang ayat dan hadits-hadits mengenai keutamaan bulan ramadhan.

Bukan itu saja, kalau anda berkunjung ke Kairo, anda akan mendapati banyak orang mengantri di masjid-masjid, di musholla-musholla kecil, atau di rumah-rumah pengusaha untuk mendapatkan musa'adah. Biasanya, para pemberi musa'adah ini lebih mengutamakan para penuntut ilmu dan fakir miskin. Terutama yang berkebangsaan asing, atau sering disebut sebagai wafidin. Mungkin, menurut para pemberi musa'adah itu, dengan menyalurkan harta mereka pada penuntut ilmu akan lebih bermanfaat, karena tentu saja, kebutuhan penuntut ilmu adalah kebutuhan untuk membeli kitab-kitab. Dan tentu saja, yang akan merasakan nantinya, bukan hanya si penuntut ilmu, tapi orang yang nantinya didakwahi oleh sang penuntut ilmu, dan seterusnya. Nah, pahalanya kan akan mengalir terus tuh, dan tentunya, si pemberi musa'adah tersebut akan kecipratan juga pahalanya. Itu baru sekadar "mungkin" lho. Hehehehe. Selanjutnya, ya terusin aja sendiri.

Sementara itu, yang sangat menarik, adalah adanya maidaturrahman, atau kalau saya terjemahkan serampangan hidangan kasih sayang. Hidangan tersebut disediakan kepada orang-orang yang berpuasa. Hidangan ini disediakan secara gratis. Menunya bermacam-macam, yang pasti ada ta'jil dan makanan beratnya. Kalau ta'jil, biasanya kurma dan air putih. Nah, makanan beratnya ini bermacam-macam. Kadang nasi dengan ayam utuh, terkadang daging, kadang juga kusyari. Halah pokoknya macam-macam-lah. Jadi, kalau sedang dalam perjalanan misalnya, pokoknya di bulan ramadhan, dan tentu saja berada di mesir, jangan takut tidak mendapatkan ta'jil. InsyaAllah semuanya akan aman. Hehehe. Yang penting nggak ketiduran di padang pasir aja. Hehehe. Pokoknya makmur deh di bulan Ramadhan.

Teng...teng...teng....

Ramadhan Karim.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »